MUSEUM KA

Graha Museum dan Galeri “Parahyangan”

Lokasi: Jalan Dayang Sumbi 10

Selain Lawang Sewu (Gedung Seribu Pintu) di kota Semarang, Jawa Tengah, Graha Museum dan Galeri “Parahyangan” menjadi salah satu saksi perjalanan sejarah perkereta-apian yang ada di kota Bandung. Bangunan seluas 2.100 M2 yang didirikan pada tahun 1927 itu, peresmiannya dilakukan oleh Ernst Gerard Oscar Kelling sebagai rumah tinggal. Tetapi setelah kemerdekaan, bangunan tersebut dijadikan rumah dinas Kepala Djawatan Kereta Api (DKA).

Graha Museum dan Galeri “Parahyangan” masih belum pas benar untuk disebut museum, walaupun menyimpan beberapa koleksi yang ada hubungannya dengan perkembangan peralatan pelayanan kereta api. Ketika diresmikan pada tanggal 21 Juni 2010, koleksinya yang terbatas antara lain stempel tanggal tiket, lampu lokomotif uap, handel sinyal, genta, serta jam antik. Walau demikian, usaha melestarikan bangunan yang dilakukan oleh Pusat Pelestarian Benda dan Bangunan PT Kereta Api Indonesia (KAI) patut dihargai.

Bangunan tersebut sebelumnya pernah dijadikan Wisma “Parahyangan”, tempat menginap para awak Kereta Api “Parahyangan” yang melayani lintas Bandung-Jakarta lewat  Purwakarta. Dalam perjalanan sejarahnya, KA yang dioperasikan sejak 31 Juli 1971itu pernah menjadi ikon berkat kecepatan dan ketepatan waktu perjalanannya. Akan tetapi kejayaannya tidak berlangsung lama. Sejak ruas jalan tol Cikampek-Purwakarta dan Purwakarta-Bandung diresmikan pada tahun 2005, pamor KA Parahyangan makin merosot. Waktu tempuh perjalanan KA lebih lama dan kurang efisien dibanding menggunakan angkutan “travel” yang lebih cepat dan lebih efisien.

Menghadapi persaingan yang tidak seimbang, tarif KA Parahyangan diturunkan. Akan tetapi tetap saja tidak mampu menggembalikan tingkat okupasi penumpang. Karena terus-menerus menderita kerugian, sejak tanggal 27 April 2010 KA Parahyangan dihentikan. Nasib KA tersebut kemudian digabungkan pengoperasiannya dengan KA Argo Gede, sehingga dinamakan KA Argo Parahyangan.

Sejak itu, Wisma Parahyangan berganti nama dan fungsi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s